Rabu, 22 Juli 2015

Puasa di Bank Indonesia




Puasa tahun ini, benar-benar  beda. Ini puasa pertama tanpa Ayah dan puasa pertama yang menurut gue ga begitu terasa lama. Tau-tau lebaran udah berlalu. Kenapa ga berasa??? Yaa karena gue lagi kurang kerjaan aja tiap hari ke BI cuma buat molor atau numpang nonton One Piece wkwk. Canda :D
Semua ini berawal dari terhasutnya gue oleh seorang teman yang mau Praktek Kerja Lapangan (PKL) di liburan semester ini. Padahal jadwal pengambilan PKL untuk Konsentrasi gue itu tahun depan pas gue semester 6. Mulailah gue sama temen gue, Mirsya –korban hasutan juga wkwk-, mencari tempat PKL.

Dapet rekomendasi di banyak tempat. Tapi pilihan jatuh pada Bank Indonesia yang letaknya di Jl. Thamrin. Mulailah kami PKL di BI pada tanggal 15 Juni 2015. Kami ditempatkan di divisi yang berbeda (atas request gue karena gaboleh 1 divisi sama Ketua Konsentrasi gue). Gue di tempatin di Departemen Pengelolaan Aset (DPA), Divisi Pengelolaan Koleksi Museum, gedung C dengan 20 hari kerja.

Untuk hari pertama PKL, gue diminta untuk datang ke Gdg. Tipikal terlebih dahulu unuk bertemu dengan Ibu Tita –yang ngurusin anak PKL-. Jam 7 pagi gue udah stay di sana tapi kita baru diarahin ke gedung masing-masing sekitar jam 9. Selama 2 jam itu, kenalanlah gue sama beberapa teman yang kebetulan 1 divisi. Ada Ninda (FH UI 2012), Nadya & Hilda (FE UI 2013), Nelly & Angel (Akuntansi UPI YAI 2011).
Setelah ada di DPA, kami berkenalan dengan mentor kami yang super duper baik hati, like an angel kalo kata Ninda haha, yaitu Pak Depi. Kami ditempatkan di sebuah ruangan yang memang khusus untuk anak PKL. Kami juga diperkenalkan dengan tugas kami dari A sampai Z. Siang harinya, kami mendapat teman baru lagi yaitu Lia & Ipeh (Sastra Jepang UNPAD 2012). Dua hari kemudian,kami mendapat teman-teman baru lagi yaitu Fanco, Firda, Cynthia (FH UI 2012), Sara (Perbanas 2012), dan Dewi & Riena (Sosiologi UI 2012). Jadi, total kami ada 14 orang hehe.

Selama PKL di BI, jadwal bangun gue adalah jam sahur sekitar jam 3-4 pagi dan setelah itu gue ga boleh tidur lagi. Karena gue bakal kesiangan kalo tidur lagi. Kendaraan gue pun ganti-ganti. Kadang Transjakarta, kadang Commuter Line + ojek / kopaja. Lama berdiri di Transjakarta atau ‘jadi pepes’ di dalam Commuter Line bukan masalah besar lagi buat gue. Bahkan gue pernah sebegitu ngantrinya di peron 5 Manggarai - Tanah Abang, gue baru bisa ‘nge-pepes’ di Commuter Line ke-3 :D Tapi kalo pulang, gue lebih prefer Transjakarta walaupun lebih lama dan gue selalu nyampe rumah setelah Maghrib. Ga kuat booo ‘nge-pepes’ di jam-jam dekat buka puasa wkwk.
Gue juga sempat mengikuti beberapa acara yang diselenggerakan Divisi gue maupun BI-nya langsung. Acara pertama yang gue ikutin adalah perpisahan dua orang atasan di DPA yang dimutasi ke Bank Indonesia Kantor Perwakilan DKI Jakarta sekaligus silaturahim sebelum bulan puasa. Di sini kita buat lingkaran gitu dan gabung sama orang-orang kantornya, dengerin salam perpisahan, lalu kita pun dipersilahkan untuk makan hehe (H-2 Bulan Puasa NIH :D). Acara kedua itu jadi pembeli di acara Bazar bulanan BI wkwk. Gausah disebutinlah yaa gue beli apa ajaaa (padahal ga beli apa-apa -__-). Acara ketiga itu gue nonton Acara HUT BI yang rame abis dimana setiap pegawai dari berbagai departemen pakai kaos polos dengan warna sesuai departemennya masing-masing. Masing-masing departemen juga bikin yel-yel dan punya maskotnya masing. Iniii seru asli... sayang gue ga ngambil gambar haha. Acara terakhir yang gue ikutin adalah kunjungan ke Museum Bank Indonesia di Kawasan Kota Tua. Kalo mau tau gimana keadaan museum ini, main-main sendiri lah yaa ke sana hehe.

Satu bulan, 4 minggu, 20 hari, 160 jam sudah berakhir dan it’s time to say goodbye. Gue selesai tanggal 10 Juli 2015 dan jadi orang pertama yang selesai di antara 13 orang teman gue lainnya haha. Kok bisa ??? Yaa karena gue ga ngambil izin ataupun nge-bolos hehe.
Ini berkesan banget. Gue dapet panggilan baru di sini, yaa yang tau cukup anak-anak DPA Batch 6 ajalah yaa haha. Gue bisa banyak belajar mempelajari karakter orang. Gue jadi punya tekad buat magang ke sana kemari buat nebelin dompet (baru niat doang sih wkwk). Kesan yang paling berkesan sih dimana gue bisa ketemu teman-teman baru dari berbagai universitas yang orangnya welcome banget.

Thanks for the best chance. I wish I have another best chance again next time.Aamiin!





2 komentar:

  1. Asik ya magang di BI :D
    Dapet pengalaman baru + teman baru dari beda universitas lagi :D

    BalasHapus